Fatwa Syaikhul Islam Abuya Muda Wali Al- Khalidy: Khutbah Jumat Dalam Bahasa Indonesia
Soal:
Khutbah Jumat dengan bahasa melayu (indonesia) bagaimana hukumnya?
Jawaban :
Lebih dahulu kita memperhatikan nash-nash dan ibarat kitab di bawah ini:
Syarwani (Tuhfah) Juzuk 2 nomor 45 :
قوله: دون ما عداها) يفيد أن كون ما عدا الأركان من توابعها بغير العربية لا يكون مانعا من الموالاة ويجب وفاقا ل م ر أن محله إذا لم يطل الفصل بغير العربي وإلا ضر ومنع الموالاة كالسكوت بين الأركان إذا طال سم على المنهج والقياس عدم الضرر مطلقا ويفرق بينه وبين السكوت بأن في السكوت إعراضا عن الخطبة بالكلية بخلاف غير العربي فإن فيه وعظا في الجملة ع ش (قوله: نعم إن لم يكن إلخ) أي ولم تمض المدة الآتية فتأمله سم
والمراد بالقياس غير العربية فى التوابع إلى العربية وإن طال فلا ضر
قلت: والحق عدم القياس لخصوصية العربية إهـ م ل
قول ع ش ويفرق بينه وبين السكوت إلخ
قلت: وفى القليوبى الجزء الأول نمرة 279 قوله العلم بالوعظ اى مع كون العربية هى الاصل فلا يرد مثل ذلك فى غير العربية
قلت : فحصول الفائدة بالوعظ فى الجملة مع الاصل اى العربية وإلا فلا فائدة شرعا فى غير العربية فصح قياسه بالسكوت فالوفاق فى الصحة فى عدم طول الفصل اى دون قدر ركعتين خفيفتين حق وصواب إهـ م ل
محلى (قليوبى) الجزء الأول نمرة 281 ولا يضر الوعظ بين الاركان وإن طال عرفا إلا إن طال بغير العربية كالسكوت الطويل اهـ
قلت: فيضر م ل
Setelah memperhatikan nash-nash di atas maka kami dari majlis ifta`
memutuskan sebagai tersebut di bawah ini :
Mestilah segala rukun-rukun khutbah itu di pakai dengan bahasa Arab dan rukun-rukun itu mesti berturut (muwalat) dengan arti tidak boleh di cerai-ceraikan dengan bahasa ajam kalau pidato itu sekadar dari pada masa.
Sebaliknya bila kedapatan khutbah yang menyalahi akan yang tersebut di atas maka khutbahnya itu di hukumi tidak sah sebagai yang tersebut dalam kitab-kitab yang muktabar. Sebaiknya khutbah pada waktu ini di jalankan menurut kaifiyat yang kami nyatakan di bawah ini yaitu mula-mula hendaklah khatib berpidato atau memberi nasehat terlebih dahulu sekadar halnya pidato di muka umum menerangkan nasihat-nasihat yang berguna dengan bahasa apa saja (selain bahasa Arab), sehabis pidato itu barulah khatib melakukan rukun-rukun khutbah sebagaimana mestinya jangan di campur lagi dengan pidato.
Fatawa Abuya Muda Wali, al-Khalidy, Hal 40 cet. Nusantara, Bukit Tinggi
Pertanyaan dari Padang Sumatra Barat
Note.قلت(qultu) dalam nash di atas adalah komentar Abuya Muda Wali.م لadalah singkatan : Muhammad Wali.
Soal:
Khutbah Jumat dengan bahasa melayu (indonesia) bagaimana hukumnya?
Jawaban :
Lebih dahulu kita memperhatikan nash-nash dan ibarat kitab di bawah ini:
Syarwani (Tuhfah) Juzuk 2 nomor 45 :
قوله: دون ما عداها) يفيد أن كون ما عدا الأركان من توابعها بغير العربية لا يكون مانعا من الموالاة ويجب وفاقا ل م ر أن محله إذا لم يطل الفصل بغير العربي وإلا ضر ومنع الموالاة كالسكوت بين الأركان إذا طال سم على المنهج والقياس عدم الضرر مطلقا ويفرق بينه وبين السكوت بأن في السكوت إعراضا عن الخطبة بالكلية بخلاف غير العربي فإن فيه وعظا في الجملة ع ش (قوله: نعم إن لم يكن إلخ) أي ولم تمض المدة الآتية فتأمله سم
والمراد بالقياس غير العربية فى التوابع إلى العربية وإن طال فلا ضر
قلت: والحق عدم القياس لخصوصية العربية إهـ م ل
قول ع ش ويفرق بينه وبين السكوت إلخ
قلت: وفى القليوبى الجزء الأول نمرة 279 قوله العلم بالوعظ اى مع كون العربية هى الاصل فلا يرد مثل ذلك فى غير العربية
قلت : فحصول الفائدة بالوعظ فى الجملة مع الاصل اى العربية وإلا فلا فائدة شرعا فى غير العربية فصح قياسه بالسكوت فالوفاق فى الصحة فى عدم طول الفصل اى دون قدر ركعتين خفيفتين حق وصواب إهـ م ل
محلى (قليوبى) الجزء الأول نمرة 281 ولا يضر الوعظ بين الاركان وإن طال عرفا إلا إن طال بغير العربية كالسكوت الطويل اهـ
قلت: فيضر م ل
Setelah memperhatikan nash-nash di atas maka kami dari majlis ifta`
memutuskan sebagai tersebut di bawah ini :
Mestilah segala rukun-rukun khutbah itu di pakai dengan bahasa Arab dan rukun-rukun itu mesti berturut (muwalat) dengan arti tidak boleh di cerai-ceraikan dengan bahasa ajam kalau pidato itu sekadar dari pada masa.
Sebaliknya bila kedapatan khutbah yang menyalahi akan yang tersebut di atas maka khutbahnya itu di hukumi tidak sah sebagai yang tersebut dalam kitab-kitab yang muktabar. Sebaiknya khutbah pada waktu ini di jalankan menurut kaifiyat yang kami nyatakan di bawah ini yaitu mula-mula hendaklah khatib berpidato atau memberi nasehat terlebih dahulu sekadar halnya pidato di muka umum menerangkan nasihat-nasihat yang berguna dengan bahasa apa saja (selain bahasa Arab), sehabis pidato itu barulah khatib melakukan rukun-rukun khutbah sebagaimana mestinya jangan di campur lagi dengan pidato.
Fatawa Abuya Muda Wali, al-Khalidy, Hal 40 cet. Nusantara, Bukit Tinggi
Pertanyaan dari Padang Sumatra Barat
Note.قلت(qultu) dalam nash di atas adalah komentar Abuya Muda Wali.م لadalah singkatan : Muhammad Wali.
0 comments:
Posting Komentar