Hukum Menyambung Rambut dalam Islam

kabar islam update

loading...

Rabu, 21 Februari 2018

Hukum Menyambung Rambut dalam Islam

KINI banyak para wanita yg melakukan sambung rambut agar dapat terlihat lebih panjang. Dengan pergi ke suatu tempat tertentu,maka keinginan untuk memanjangkan rambut akan terlaksana dengan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja.Lalu,bagaimana hukumnya dalam Islam?

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat perempuan yg menyambung rambutnya dan perempuan yg meminta agar rambutnya disambung, perempuan yg mentato dan perempuan yg meminta agar ditato, ” (HR. Bukhari no 5589).

Dari Humaid bin Abdirrahman,dia mendengar Muawiyah bin Abi Sufyan saat musim haji di atas mimbar lalu mengambil sepotong rambut yg sebelumnya ada di tangan pengawalnya lantas berkata,

https://postislamaceh.blogspot.com/2018/02/hukum-menyambung-rambut-dalam-islam.html

“Wahai penduduk Madinah di manakah ulama kalian aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda melarang benda semisal ini dan beliau bersabda,‘Bani Israil binasa hanyalah ketika perempuan-perempuan mereka memakai ini (yaitu menyambung rambut) ’, ” (HR. Bukhari no 3281 dan Muslim no 2127).

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seorang perempuan untuk menyambung rambut kepalanya dengan sesuatu apapun, ” (HR. Muslim no 2126 dari Jabir bin Abdillah).

Dari Asma’ ra, bahwasanya ada seorang perempuan yg bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya putriku tertimpa sakit panas, sehingga rambutnya rontok dan saya akan segera menikahkannya, maka apakah boleh saya menyambung rambutnya? Beliau menjawab “Allah melaknat orang yg menyambung rambut dan yg meminta agar rambutnya disambung, ” (HR. Bukhari no 5591 dan Muslim no 2122).

Dari Ibnu Umar ra, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “mengutuk orang-orang yg menyambung rambut dan orang yg disambung rambutnya dan membuat tahi lalat, ” (HR. Bukhori dan Muslim) .

Maha suci Allah dengan segala rahasia manfaat dibalik semua laranganNya...

Hukum Menyambung Rambut dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar